Translate

Saturday, January 4, 2014

Alasan Mengenai Anak Dianjurkan Untuk Bermain Game

Alasan Mengenai Anak Dianjurkan Untuk Bermain Game - Bermain game adalah suatu kegiatan yang menyenangkan bagi pemainnya. Dengan karakternya yang lucu, petualangan yang menegangkan namun menyenangkan, serta pertandingan sepakbola yang tidak membosankan tentu akan membuat betah para pemain game. Apalagi bila sudah memiliki teknologi game yang berspesifikasi tinggi tentu itu sangat mengasyikan bukan.


Beberapa ahli psikologi berpendapat bahwa ada beberapa sisi negativ yang diperoleh para pemain game seperti kemalasan, ketagihan dan tindakan kekerasan. Bila bermain game membuat pemainnya merasa senang, tidak menutup kemungkinan dengan bermain game akan dilakukan selama seharian dan bisa menimbulkan kemalasan serta rasa ketagihan yang mendalam. Seorang anak yang selalu bermain game perkelahian maka dinilai akan melakukan tindakan kekerasan terhadap teman - temannya.

Di samping bermain game yang mempunyai beberapa sisi negativ, tapi tahukah Anda, menurut beberapa para ahli mempunyai pendapat bahwa bermain game juga dapat membantu meningkatkan kemampuan belajar anak, membuat sehat anak & kemampuan dalam bersosial.

"Selama bertahun-tahun, peneliti selalu mengatakan bahwa bermain game dinilai negatif. Padahal, penting juga untuk mengetahui bahwa video game bisa membantu perkembangan anak, misalnya keseimbangan dan daya tangkap," kata Isabela Granic, profesor dari Radboud University Nijmegen di Belanda.

Apabila anak bermain game peperangan, disitulah seorang anak akan belajar membangun strategi. Dan bermain game dengan memainkan karakter yang lucu juga baik untuk meningkatkan suasana hati ke arah positif.

"Jika hanya dengan bermain game bisa membuat orang bahagia, tampaknya manfaat game bisa dipertimbangkan untuk nilai emosional yang paling mendasar, yaitu bahagia," kata Granic.

Meskipun ada sisi positif dari bermain game, kita sebagai orang tua atau kakak harus membatasi seorang anak bermain game Dan selalu memberikan perhatian sepenuhnya terhadap seorang anak. Karena dengan perhatian yang penuh dari orang tua maka akan meminimalisirkan perilaku yang negativ dari seorang anak.

Nah itulah informasi tentang alsan mengenai anak dianjurkan untuk bermain game. Semoga bermanfaat.

Reference: detik.com

No comments:

Post a Comment