Translate

Sunday, July 6, 2014

Tips Menyembuhkan Mata Bintitan Yang Sudah Lama Belum Mengempis

Tips Menyembuhkan Mata Bintitan Yang Sudah Lama Belum Mengempis - Secara medis bintitan dinamakan sebagai "Hordeolum", dimana pada kelopak mata terdapat benjolan yang berisi nanah, baik di dalam maupun di luar kelopak mata yang jumlahnya bisa lebih dari satu pada setiap mata. Bintitan yang berada di luar mata biasanya mudah untuk disembuhkan, hanya dengan mengompresnya dengan air hangat selama 10 menit (4 kali sehari) secara rutin maka dalam 2-3 hari bintitan akan mulai mengempis. Atau dengan cara lain, yaitu dengan menggunakan bawang putih yang dibelah kemudian oleskan pada bintitan yang berada diluar maka bintitan akan cepat mengempis dengan mengulanginya minimal 2 kali sehari + dikompres air hangat, cara ini akan berasa sangat perih.

Berbeda dengan bintitan yang berada di bagian dalam kelopak mata, yang saya alami mata saya pernah terkena bintitan di bagian dalam kelopak mata selama kurang lebih 1 tahun, sudah saya lakukan lewat bergagai cara, mulai dari tips yang ada di internet sampai menggunakan resep dokter tetapi cara yang saya lakukan adalah sia-sia. Pernah saya diamkan untuk tidak saya obati mata saya dan ternyata sedikit mengecil, tetapi dalam berjalannya waktu, bintitan itu membesar kembali.
Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan "insisi" (solusi yang saya dapat dari internet). Apa itu insisi? Insisi adalah proses pembedahan/operasi kecil pada kelopak mata bagian dalam yang didalamnya terdapat gumpalan nanah yang tidak bisa pecah dengan sendirinya, artinya nanah yang tidak keluar akan dikeluarkan oleh dokter sepesialis mata dan dokter mengeluarkannya dengan menggunakan alat bedah khusus. Dan sekarang akhirnya mata pun normal kembali walaupun masih ada benjolan sedikit.
Jika ANda terkna bintitan berkali-kali mungkin itu artinya Anda mempunyai alergi terhadap makanan ataupun minuman yang Anda konsumsi setiap harinya, dulu saya sering mengalami bintitan sekitar 2 kali terkena bintitan dalam setahun, setelah saya perhatikan pola makan saya yang menimbulkan bintitan akhirnya saya mengetahuinya bahwa saya alergi terhadap air SUSU kemasan. Semenjak SMK - Kuliah (saat ini) saya sering minum susu setiap pagi, dan sering juga terkena "Hordeolum / bintitan". Setelah saya melakukan insisi (Bintitan terakhir) kemudian saya coba untuk tidak mengkonsumsi susu setiap hari akhirnya saya sampai saat ini alhamdulillah tidak mengalami bintitan lagi.

Dengan demikian kesimpulannya adalah

  • Bintitan yang berada di dalam kelopak mata tidak dapat mengempis dengan cara yang dijelaskan diatas.
  • Jika Anda berulang kali terkena hordeolum perlu Anda curigai terhadap makanan/minuman yang Anda konsumsi setiap harinya karena kemungkinan besar Anda alargi terhadap makanan/minuman tertentu.
  • Tetap jaga kebersihan mata
  •  Dan disarankan untuk berkonsultasi pada dokter.

139 comments:

  1. Mau tanya apa setelah insisi mata kamu masih ada benjolannya engga ? Apakah pengaruh dimata setelah insisi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab boleh? kebetulan saya baru selesai insisi tanggal 4 april 2015 kemarin dan sampai sekarang benjol bekas bintitnya masih ada.
      Pengaruh dimata yang saya rasa engga ada, malah jauh lebih enak dibanding sebelumnya ga ada lagi pedih atau rasa gatal2 minta digaruk. Mungkin pengaruh yang paling kerasa ada di dompet he he~.
      Semoga membantu :)

      Delete
    2. @dian rustiana. Bener banget apa yg dikatakan Kemal Prawira. Jadi setelah insisi benjolan itu egk sepenuhnya hilang, masih tetap ada sedikit benjolan di mata. Bisa dibilang benjolan yang tersisa sebesar 1/4 nya dari benjolan sebelum insisi. tapi kalau sudah lama egk akan terlihat jelas benjolannya kok.
      Dan setelah insisi tidak ada pengaruh sama sekali pada mata karena yang ditanganin cuma bagian kelopak matanya saja. Kemudian mata akan terasa lebih ringan bergerak setelah insisi.

      Delete
    3. Mau tanya dong qu abis di insisi terus apa yg dilakuin soalnya gk dapet obat tetes lg dari dokternya soalnya masih keberassa ada benjolan

      Delete
    4. Kang kalo bekas lebam item setelah insisi nya Berapa lama ilang nya yah? Hehe klo bnjolan nya mah alhamdulillah udh kcilan

      Delete
  2. Replies
    1. Kalau di sepesialis mata Cirebon 400 ribu.

      Delete
    2. Seminggu yg lalu diinsisi, abis 925rb, blm termasuk obat n konsultasi dokter (Jakarta).
      Setuju, pulang berasa ringan (mata n dompet).

      Delete
    3. Seminggu yg lalu diinsisi, abis 925rb, blm termasuk obat n konsultasi dokter (Jakarta).
      Setuju, pulang berasa ringan (mata n dompet).

      Delete
  3. hmm, saya juga sering kena bintitan, dan persis kaya TS, setahun baru sembuh.
    tapi masalahnya, mata kanan yang selalu terkena bintitan, apa itu termasuk dampak alergi juga?

    ReplyDelete
  4. hmm, saya juga sering kena bintitan, dan persis kaya TS, setahun baru sembuh.
    tapi masalahnya, mata kanan yang selalu terkena bintitan, apa itu termasuk dampak alergi juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sama kayak kamu, ini mau operasi ..mesti yg kanan

      Delete
  5. hmm, saya juga sering kena bintitan, dan persis kaya TS, setahun baru sembuh.
    tapi masalahnya, mata kanan yang selalu terkena bintitan, apa itu termasuk dampak alergi juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya yang saya alami, kalau mengempis dengan sendirinya memang masih ada bekasnya, dan kemungkinan akan kambuh lagi ketika memakan makanan atau meminum minuman yang tidak bisa diterima oleh kelopak mata kita. Dan bisa jadi itu adalah alergi. Saran saya perhatikan makanan/minuman yang dikonsumsi, supaya mengetahui makanan mana yang bisa membuat mata bintitan. dan insyaallah akan bisa menghindari bintitan dengan tidak mengkonsumsi makanan/minuman tersebut.

      Delete
    2. Setelah insisi kelopak mata dalam.nya meninggalkan bekas ga seperti yg saya alami,,agak sedikit merah bekasnya,,padahal ufah lama aku insisi
      Tapi udah ga gatel2 lg,dan benjolan udah hilang

      Delete
  6. Baru selesai insisi jam 16.00, haduuhhh... Ga bisa di jelaskan dngan kata2. Smoga kita smua sehat2 saja dan tdk lg mengalami hal yg serupaa. Tapii tetaap lebih sakit di sunat apalagi ibu melahirkan. Ini blm seberapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga egk ada bintitan yg berani mampir dikelopak mata lagi ya mas..hehe

      Delete
  7. Aku juga bintit bru operasi tpi mash ad benjolan wlpun ga bsar. Huhuhu.
    punya sran hrus gmna???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya teh. Memang kalau bintitan yang baru diinsisi masih terdapat sedikit benjolan pada kelopak matanya. Tapi dalam berjalannya waktu benjolan tersebut akan mengempis dengan sendirinya. Namun setelah itu pada bagian kelopak mata yang telah dilakukan insisi menjadi sedikit lebih tebal dibandingkan kelopak mata sebelahnya (hanya sedikit). Tapi tidak usah khawatir, hal itu tidak akan terlihat oleh orang lain dan tidak akan mengurangi rasa percaya diri kita. Jadi tidak usah khawatir ya..

      Delete
    2. berapa lama hilang benjolannya?

      Delete
  8. Huwaaaa,. Jd grogi.. kelopak mata kanan saya ada 4 titik benjolan kecil, T_T Nunggu selesai UAS br mau ke RS di Malang. ..

    ReplyDelete
  9. Huwaaaa,. Jd grogi.. kelopak mata kanan saya ada 4 titik benjolan kecil, T_T Nunggu selesai UAS br mau ke RS di Malang. ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh silahkan teh tidak usah takut,
      semoga lekas sembuh.

      Delete
  10. Saya udh 5 Bulanan bintit di kelopak mata saya, awalnya saya biarin trus makin lama makin kecil .. tapi pas sekitar tanggal 17 desember numbuh lagi jadi membesar ditempat yang sama.. insisi sakit kga sih? diapain aja mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kalo insisi itu berasa sakit, tapi tenang saja rasa sakit itu cuma sebentar.
      Insisi itu dilakukan pembedahan pada kelopak mata dengan alat khusus untuk mengeluarkan nanah yang tidak bisa keluar dengan sendirinya, bisa dibilang operasi kecil pada bagian dalam kelopak mata.

      Delete
  11. Kalo bintitannya di kelopak luar apa jg butuh insisi ya mas? Pny saya gak ada matanya agak keras tp lmyn besar, di kelopak atas gtu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalau dibagian luar, dengan cara mengoleskan bintitan dengan bawang putih juga sudah bisa teratasi.

      Delete
  12. Maha Pemilik mau tanya, kalo mau operasi prosesnya gimana? terus proses dari awal operasi sampai selesai ( buka perban ) berapa hari ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau insisi itu disarankan ke dokter spesialis mata, tinggal daftarkan diri saja ke asistennya, kemudian bicarakan keluhannya. kalau layak untuk diinsisi maka hari itu juga insisi akan dilakukan.

      Proses insisinya, sebelum insisi kelopak mata yang terkena bintitan diberi cairan (cairan untuk mengurangi rasa sakit). Selanjutnya dilakukan pembedahan kecil pada bintitan tersebut untuk mengeluarkan nanahnya dengan alat bedah khusus.

      Setelah insisi selesai, mata akan diperban untuk sementara agar tidak terkena debu atau terinfeksi. Perban baru bisa dibuka setelah sampai di rumah.

      Delete
  13. Satusatunya cara harus di insisi kah? Takut baca komenannya :'(

    ReplyDelete
  14. Satusatunya cara harus di insisi kah? Takut baca komenannya :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kalau pengen sembuh harus diinsisi, kalau bintitannya ada di bagian dalam kelopak mata yang sudah beberapa bulan belum sembuh. setau saya tidak ada cara lain lagi.
      Dan tidak usah takut. insisi itu tidak begitu sakit ko'.

      Delete
  15. Lah Nyonge kena hordeolum eksterna kie. Tp wis digosok2 pake bawang putih jeh ora ilang2. Ora nggedeni yo ora nyiliki, kepriwe kie yak. Njaluk solusine ya kange yaak. Maturnuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya uda saya jelaskan di atas. Bintitan kalau tidak kunjung sembuh sampai berbulan-bulan (biasanya berada di bagian dalam kelopak mata) maka solusi terakhir adalah melakukan insisi (operasi kecil). Semoga lekas sembuh..

      Delete
  16. Anak q umur 1 tahun...bintitannya udah 11 bulan g sembuh2... di suruh oprasi kecil sama dokternya...tp sya khawatir dia kan masih kecil bnget takut di kucek kucek mata nya setelah oprasi....nnty malah g sembuh sembuh.... 😢😢😢... trus ada bekas gak mas klo udh di oprasi di mata nya...mohon solusi nya buat bisa ngilangin dilema saya..... 😭😭😭 trima kasih.... plisss help me...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab, baiknya dikonsultasikan dgn dokter spesialis mata dlu. 2 mggu lalu ponakan sy, 3thn, jg diinsisi. Alhamdulillah baik2 aja, efek sakit sebentar tp jika Mas khawatir boleh dikonsultasikan dlu ke dokter anak.

      Delete
    2. Bantu jawab, baiknya dikonsultasikan dgn dokter spesialis mata dlu. 2 mggu lalu ponakan sy, 3thn, jg diinsisi. Alhamdulillah baik2 aja, efek sakit sebentar tp jika Mas khawatir boleh dikonsultasikan dlu ke dokter anak.

      Delete
    3. Kalau mas alinya merasa takut mendingan insisinya ditunda aja, tunggu sampai berusia 2-5 tahun. Pada dasarnya bintitan itu tidak berbahaya dan kadang-kadang bintitan yg ada di bagian dalam kelopak mata itu bisa mengecil sendiri tetapi sewaktu-waktu akan membesar kembali alias tidak akan sembuh total jika tidak diinsisi (operasi kecil).

      Dan menurut saya kalau dilakukan insisi usia 1 thn itu tidak masalah, itu juga kan yang menyarankan seorang dokter.
      Setelah dilakukannya insisi mata akan diperban, dokter hanya menyarankan untuk terhindar dari debu. Setelah sampai dirumah perban boleh dibuka, dan mata akan terasa lebih ringan. Kalau masalah bekas insisi, pasti terdapat bekas bedahan kecil itu juga tidak kelihatan karena adanya di dalam kelopak mata. Dan kalau anaknya mengucek matanya itu tidak begitu berbahaya karena bekas insisinya ada di bagian dalam kelopak mata dan insisi itu tidak mengganggu bola mata. Jika mengucek matanya sudah pasti bekas insisi terlindungi oleh kelopak mata itu sendiri.

      Semoga bisa membantu..

      Delete
    4. pas insisi kita di bius gak? apa dalam keadaan sadar?

      Delete
  17. mau ikut share juga yaa.. :D
    2thn lalu saya jg melakukan operasi kecil u/ bintitan yg udh 1 thn ga ilang2 . meskipun tdk pernah merasa sakit, tp tdk pernah pede untuk tdk memakai kacamata. saat itu saya masi 20th . sampe 2x datang ke spesialis mata di rs.awal bros tangerang menghabiskan biaya sampe 2,7jt . karna waktu kunjungan pertama menurut saya tdk tuntas, akhirnya 1 minggu saya kembali lg , untuk sedikit complain. dan dokter hanya menjawab "ini bisa jadi akan muncul lg, karna usia dan hormon mba yg belum mencapai usia wanita matang" alhasil dgn mata kanan tertutup sebelah dgn perban, dan rasa sakit pun sampai 3hr saya rasakan,berharap bintitan tdk muncul kembali secara signifikan. selang 1 thn, saya merasa mata kanan saya jadi lebih sensitif. dan memunculkan kembali bintitan itu. dan lagi2 tdk berada diluar melainkan didalam mata dan berada ditengah, bukan ujung.jadi di usia saya yg skrg 22th saya hanya menatap dgn sesekali memegang bintitan yg mengeras itu. dan membiarkan saja. mungkin bertambah usia nanti akan hilang dgn sendirinya. amiiin 0:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir sama mbak
      anak saya setahun lalu bintitan tidak bisa pecah, lalu dioperasi dan hilang. Selang beberapa bulan muncul lagi, ketika konsultasi dokternya bilang, bintatanya bisa muncul lagi tapi tak apa asal tidak terjadi peradangan berarti sudah tenang. Namun sebagai bapak sedih setiap kali melihat mata kanannya tampak berbintit meskipun kecil. di bilang "agak ngganjel ... gak enak"

      Delete
    2. hampir sama mbak
      anak saya setahun lalu bintitan tidak bisa pecah, lalu dioperasi dan hilang. Selang beberapa bulan muncul lagi, ketika konsultasi dokternya bilang, bintatanya bisa muncul lagi tapi tak apa asal tidak terjadi peradangan berarti sudah tenang. Namun sebagai bapak sedih setiap kali melihat mata kanannya tampak berbintit meskipun kecil. di bilang "agak ngganjel ... gak enak"

      Delete
  18. asslamualaikumm.. punten ang. minta pndapatny. saya sekarang kena bintitan. dibgian atas. udah 3 hari saya biarin. karna biasany klo sya kena bintitan 2 hari dah smbuh..
    .sekarang 4 hari gk sembuh2.. hari ke 5 ini .bintitan saya pecahh. dan keluar nanah. tapi setelah kluar nanah bintitanny msihh kerass.. dan memerah.
    sarannya gimana mas?? buat ngobatinnya..

    ReplyDelete
  19. Sy juga pernah di in sisi. Bahkan sampai 4x. Alhamdulillah, gak ada sisa Benjolan sama sekali. Benar seperti yg tertulis di blog ini. Ternyata sy alergi dengan softlensa. Semenjak tdk pakai softlensa, gak pernah bintilan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tpi ada bekasnya ga d dalem? Seperti agak merah sedikit

      Delete
  20. Mau tanya .. klo diinsisi itu diperbannya berapa hari ya..terus mata berbekas atau tidak.. atau bagian dalamnya aja yg berbekas.. terima kasih

    ReplyDelete
  21. Kalau boleh tau melakukan insisi itu biayanya berapa ya

    ReplyDelete
  22. Kalau boleh tau melakukan insisi itu biayanya berapa ya

    ReplyDelete
  23. Saya juga sama sdh berbulan bulan mengalami itu dan sdh diberikan obat macem2 dari dokter dan sdh insisi juga tp hasilx msh tetap sama masih berasa ada benjolan dikelopak mata saya, waktu sy tanya kmrin pas di insisi kt dokterx ga keluar apa2 hanya darah aja. Skrg sy biarin aja sdh kehabisan akal cara ngobatinx. Malu juga kalo ada teman yg negur gitu

    ReplyDelete
  24. Saya baru pulang dari rs ini, habis insisi.
    Alhamdulillah gratis pakai bpjs.
    Mohon doanya biar lekas pulih.

    ReplyDelete
  25. Jadi takut:( pengen rasanya di insisi tp ga berani. Baca komenannya aja mau nangis. Rasa sakitnya gimana ya pas di insisi? apa ga di bius? duhh takuttt:'(((( kalo udah di insisi sakitnya berapa hari ya? pas lg di insisi mata kita melek apa merem? rasanya gimnaaa? serem ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga perlu takut,baru semalam saya menjalani insisi,rasanya cuma kaya gigitan semut aja.dan itupun ketika pembiusan,pada saat pembedahan ga ada rasa apa2 tau2 udah selesai.

      Delete
    2. pas insisi kita dalam keadaan sadar? tetap bisa berkedip dan melihat semua atau gmn? saya mau konsultasi ke dokter tapi takut :(

      Delete
  26. Biaya insisi tangerang dan dokternya rekom ke siapa ya guys

    ReplyDelete
  27. Saya 2014 akhir itu bintitan besar dan di kelopak mata bawah dan itu di dalem, besar memang tapi saya ke apotek beli salep setelah di salepin kempes namun sampe sekarang masih ada bekasnya sedikit, memang tidak begitu terlihat cuma takut aja kenapa2 huhu pernah tahun 205 saya periksa ke dokter mata saya takut ada apa apa atau berdampak katanya tidak apa apa, cuma membekas dan dikasih obat tetes mata aja. Apa ada yg mengalamin seperti saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membekasnya didalem apa diluar?
      Terus skr masih ngebekas ga?

      Delete
  28. Saya 2014 akhir itu bintitan besar dan di kelopak mata bawah dan itu di dalem, besar memang tapi saya ke apotek beli salep setelah di salepin kempes namun sampe sekarang masih ada bekasnya sedikit, memang tidak begitu terlihat cuma takut aja kenapa2 huhu pernah tahun 205 saya periksa ke dokter mata saya takut ada apa apa atau berdampak katanya tidak apa apa, cuma membekas dan dikasih obat tetes mata aja. Apa ada yg mengalamin seperti saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wismaresmi, waktu itu kamu pake salep apa? Cara pakainya bagaimana? Memangnya boleh ya pakai salep di bagian dalam mata? Apa rasanya sakit?

      Delete
  29. Mau tanya, saya kan ada benjolan di kelopak mata bawah bagian dalam sebelah kiri, nah nanahnya sudah keluar sebanyak 2 kali. Apakah akan sembuh ya? Dan apa harus di lakukan insisi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya biarkan saja dulu. Kemungkinan itu bisa sembuh. Tapi kalau sudah lama belum sembuh juga, silahkan konsultasi kepada dokter spesialis mata untuk dilakukan insisi.

      Delete
    2. Mau tanya,stelah insisi dikelopak mata bagian dalem ko aku ada kyk merahnya gitu ya sedikit

      Delete
  30. Mau tanya dong,
    Saya ada benjolan di luar kelopak. Gak terasa sakit atau gatel. Tapi benjolannya gak urung mengempis. Bahkan kadang membesar. Sudah hampir 5bulan.
    Apa ada solusi lain selain di insisi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya, bintitan yang susah mengempis/sembuh kata dokter spesialis mata saya, tidak ada solusi lain selain insisi. Insisi tidak membahayakan bola mata, karena yg diinsisi hanya kelopak matanya saja yang terkena bintitan.

      Delete
  31. Mau tanya donk. Saya ada benjolan d kelopak mata sudah 2 bln lebih. Gimana solusinya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis mata untuk dilakukan insisi. dan perhatikan pola makan seperti yang sudah saya jelaskan di postingan ini.

      Delete
  32. Mau tanya, apakah setelah di insisi ada bekasnya atau tidk.? Atau perlu dijahit juga ? Bln kmrn sya ditwarin dokternya buat insisi tp sya takut, takut berbekas dan menjadikan matanya berbeda dngn mata yg stunya..tlng dibantu jwb ya makash

    ReplyDelete
  33. Mau tanya, apakah setelah di insisi ada bekasnya atau tidk.? Atau perlu dijahit juga ? Bln kmrn sya ditwarin dokternya buat insisi tp sya takut, takut berbekas dan menjadikan matanya berbeda dngn mata yg stunya..tlng dibantu jwb ya makash

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bekas insisi tidak akan terlihat, karena insisi dilakukan dari bagian dalam kelopak mata. Setelah insisi tidak dilakukan penjahitan, karena insisi itu merupakan operasi ringan. Dan insisi tidak akan mengganggu bola matanya. Kemudaian perlu diketahui, kalo setelah insisi kelopak mata tidak langsung membuat kelopak mata yg terkena bintitan itu mengempis, masih tersisa sedikit benjolan. butuh waktu berbulan-bulan untuk menunggu kelopak mata yang terkena bintitan normal kembali. Tetapi tenang saja bekas insisi tidak akan terlihat oleh orang lain.

      Delete
  34. Kebetulan belum lama ini saya juga insis tepatnya tgl 3 Agustus 2016.1hari pasca Insisi ada bengkak & memar di bagian Insisi. Tp setelah hr ke 5 pasca Insisi bengkaknya jd merata. Kira2 ini akan hilang dlm brp hr yaaa? Terima kasih

    ReplyDelete
  35. Kebetulan belum lama ini saya juga insis tepatnya tgl 3 Agustus 2016.1hari pasca Insisi ada bengkak & memar di bagian Insisi. Tp setelah hr ke 5 pasca Insisi bengkaknya jd merata. Kira2 ini akan hilang dlm brp hr yaaa? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang seperti itu. Setelah insisi, jangan mengharapkan kelopak mata akan segera pulih seperti semula, butuh 3-6 minggu untuk menunggu kelopak mata kembali seperti semula. Tapi itu pun masih berasa lebih tebal dari biasanya jika di raba. Tapi Tenang saja dengan berjalannya waktu kelopak mata yg tadinya menebal akibat insisi akan mengempis dengan sendirinya.

      Delete
  36. Mas mau tanya klo bintitan d bagian luar kelopak mata udh 2 mnggu gk kempes" brarti harus d insisi juga?
    Mkasih infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik konsultasikan saja kpada dokter spesialis mata, untuk dpat dilihat secara lansung. Terimakasih sudah meninggalkan pesan komentar.

      Delete
  37. aku bintitan udah sbulan... trkhir minggu kmrin ke dokter mata disuruh insisi..tp saya blm siap..trs dikasih resep dulu untuk dhbskan... skrg sdh tdk bengkak ato perih.. tp benjolannya tetep besar.. apalagi klo hbs aktifitas berat.. bnjolannya akan sdkt kerasa senut2 .. perlukah saya untuk tetap insisi? mohon sarannya.. trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya lakukan insisi aja. Karena kalo tidak, biasanya benjolannya tidak akan mengempis atau mengempisnya membutuhkan waktu yang lama, bisa sampai berbulan-bulan. Walaupun mengempis biasanya akan membesar lagi di kemudian hari. Insisi tidak berbahaya dan tidak akan mengganggu bola mata.

      Delete
  38. Ohh gtu ya mas,, mkasih untuk saran nya,, ini bermanfaat bnget

    ReplyDelete
  39. Assalamualaikum om, kalo bekas bintitan di bawah kelopak mata kaya bentolan gimana yah cara ngatasinnya?

    ReplyDelete
  40. mas, kalo abis insisi, masih ada sisa benjolan ya.. itu bakal ilang sendiri ato pertanda masih ada sisa kalazion ya??

    ReplyDelete
  41. Saya juga punya pengalaman seperti anda , setiap tahun biasanya selalu kumat sekali atau lebih, saya beli obat di apotik katanya mungkin saya punya alergi gak boleh kbnyakan makan yg mengandung karbohidrat dan lemak. Tpi biasanya kalo kumat sehabis kena debu kelilipan . pernah juga hampir sebulan gk kempes2 sembuh2 . akhirnya terpaksa dibawa ke dokter spesialis mata katanya emg alergi debu sama terlalu bnyak makanan berlemak trs dokter ngasih solusi suruh dibedah tp katanya nnti suatu saat bisa kambuh lagi , saya mengurungkan niat operasi kecil tadi. Trs dikasih resep ada tetes matanya alhamdulillah sembuh lama lama kempes sendiri tp masih terlihat ada benjolan sedkit . mnurut anda kalo biarkan gini terus berbahaya gak yaa apa hrs cari dokter lain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika masih ada benjolan kemunkinan akan besar lagi kcuali di lakukan operasi kecil

      Delete
  42. saya mengalami timbilan, sering kumat juga sejak 2011 sampai sekarang. Obat yang saya pakai masih sama, cend* myc*s yang salep. Sebelum mengoles itu, saya uap air panas dulu area mata saya selama 10 menit. supaya pori2 membuka.
    Yang menjadi catatan penting adalah makanan. sy alergi thd telur, ayam, seafood, susu murni.
    Benar propolis melia itu cukup manjur utk mengobati timbilan. tp untuk pemakaian luar saja ya. dan jangan terlalu sering oles karna kelopak mata kita sensitif.
    -salam

    ReplyDelete
  43. Maas kalo udhh dikasih bawang putih gtu ko malah tambah besar ya? Ituu di diemin aja atau gmna? Mhon di jawab yah

    ReplyDelete
  44. Mas mau nanaya,, saya juga sekitar 1bulan yg lalau di insisi,,masih ada sedikit benjolan,,terus di bagian kelopak mata bagian dalam masih merah,,apa itu hal yg wajar? Apa emg bekas insisi kelopak mata masih merah adalah hal normal? Mohon jawaban.nya

    ReplyDelete
  45. Mau tanya dong, ada benjolan dibawah mata kanan anak saya usia 2thn.
    Saya rasa bukan bintitan krn tdk ada mata dibenjolan tsbt, hanya benjolan saja yg kadang kempis kadang besar.
    Bgmn cara mengatasinya ya?
    Tolong bantuannya, krn saya khawatir berhubung anak saya masih berusia 2th .
    Trims

    ReplyDelete
  46. Anak sya umur 4th jg bintitan klopak mata sblah kiri sdh pecah cm klwr darah doank sdikit sdh sbln lbih bintitannya..sdh dkasi salep plus antibiotik oral tp masih ad bintitnya merah sperti luka gt...eh malah mata kanan bawah jg bintitan..ga tega liatnya..hikss

    ReplyDelete
  47. Saya sering sekali bintitan, setiap bintitan yg sembuh selalu meninggalkan bnjolan yg gak sempurna mengecil,, sllau brulang2 seperti itu,ini trjadi kmbali bintitan saya masih membengkak namun rasa sakit dan gatal sudah menghilang bagaimana solusinya?dan biasanya jenis makanan apa yg menyebabkan bintitab??

    ReplyDelete
  48. Saya sering sekali bintitan, setiap bintitan yg sembuh selalu meninggalkan bnjolan yg gak sempurna mengecil,, sllau brulang2 seperti itu,ini trjadi kmbali bintitan saya masih membengkak namun rasa sakit dan gatal sudah menghilang bagaimana solusinya?dan biasanya jenis makanan apa yg menyebabkan bintitab??

    ReplyDelete
  49. Saya sering sekali bintitan, setiap bintitan yg sembuh selalu meninggalkan bnjolan yg gak sempurna mengecil,, sllau brulang2 seperti itu,ini trjadi kmbali bintitan saya masih membengkak namun rasa sakit dan gatal sudah menghilang bagaimana solusinya?dan biasanya jenis makanan apa yg menyebabkan bintitab??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bintitannya sudah tidak sakit, gatal atau seperti mati rasa jika ditekan dianjurkan untung insisi mbak, pengalaman saya sih gtu kmaren

      Delete
  50. Aku juga udah insisi,,tapi kelopqk mqtq bqgiqn dqlam masih sedikit merah,,apa itu gpp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga udah insisi,,tapi kelopak mata bagian dalam masih sedikit merah,,apa itu gpp ya?

      Delete
    2. Gapapa mbak itu cuman bekasnya saja

      Delete
  51. aku sudah hampir 5 bulan blm sembuh juga. berbgai cara udh dilakukan tpi msih ttp aja gtu. ke dokter sepesialis mata cuma di kasih obat tetes mata. tpi obat tetes mata udh hbis cuma mengecil sedikit. bintitan di mata kiri aku awalnya ada 4sekaligus. 1 dibagian luar atas,2 di bagian dalam atas,dan 1 lgi dibagian dalam bawah. sekarang tinggal 3. bgian luar sma dalam yg di luar atas kelopak mata udh lumayan mngecil. tpi di bagia dalam kelopak mata msih benjolan besar. apa itu perlu di insisi?

    ReplyDelete
  52. Ada yg tau gak harga insisi untuk anak bakita berapa,..daerah cimahi bandung barat,...?????

    ReplyDelete
  53. Mau insisi tapi lagi di china masih 8 bulan lagi 😫 apa mesti insisi disini ... Tapi ragu

    ReplyDelete
  54. Saya sering mengalami bintitan di mata sebelah kanan dan bintitannya ada di dalam kelopak mata. Kejadian pertama saat saya di smp, dan skrg saya sudah kuliah kira2 hampir 7 tahun. Semenjak itu bintitan saya mulai mengeras saat SMA dan susah mengempis. Saat saya sibuk beres2 dan mata terkena debu pasti mata jadi bengkak dan setelah saya baca posting mimin sprtinya saya juga alergi susu. Baru saya sadari saat rajin minum susu khususnya coklat dan tidak lama setelah itu mata saya mulai membengkak.

    ReplyDelete
  55. Saya sering mengalami bintitan di mata sebelah kanan dan bintitannya ada di dalam kelopak mata. Kejadian pertama saat saya di smp, dan skrg saya sudah kuliah kira2 hampir 7 tahun. Semenjak itu bintitan saya mulai mengeras saat SMA dan susah mengempis. Saat saya sibuk beres2 dan mata terkena debu pasti mata jadi bengkak dan setelah saya baca posting mimin sprtinya saya juga alergi susu. Baru saya sadari saat rajin minum susu khususnya coklat dan tidak lama setelah itu mata saya mulai membengkak.

    ReplyDelete
  56. Udah pernah di insisi tapi Benjol lagi.. sekarang Malah Ke-2 mata saya Ada Benjolan gitu.. gmna yah
    Dikanan satu benjolan
    Dikiri atas bawah benjolannya..

    ReplyDelete
  57. Alaa busset gw kena bintitan dalem kelopak lgi.. pdhl taon 1999 udah pernah insisi di RSUD psr Rebo ( msh murah kena 80rb). Skrg kena lagi dimata yg sama (kiri).harus insisi lgi nih.. suueekk bener. Biayanya hampir 12x lipat. Suueekk suuekk

    ReplyDelete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  59. saya bintitan udah beberapa kali, dan hasilnya saya insisi terus, mungkin udah 3kali di kelopak mata atas yg kiri dan 1kali dikelopak mata kanan atas, dan ini kabuh lagi dimata kanan bawah, syedih banget bolak balik insisi, tp saya masih bingung saya alergi apa pdhl sy sudah menjauhi telur, saat sy tny dokternya dokter malah bilang itu bawaan pdhl sy baru bintitan itu sekitar tahun 2015an sampe sekarang udah 4kali insisi, kira² alergi apa ya? mohon sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba perhatikan makanan /minuman apa yang sering dikonsumsi sebelum terjadinya bintitan, bisa jadi dari makanan, minuman atau softlens. Dan terus jaga kebersihan mata.

      Delete
  60. Bantu jawab yaa,saya terkena bintitan sekitar 2 minggu yg lalu,sekarang sudah egk sakit lagi tp benjolan nya egk ilang2 malah jadi mengeras.kira2 solusinya gimana yaa terimakasih...

    ReplyDelete
  61. Bantu jawab yaa,saya terkena bintitan sekitar 2 minggu yg lalu,sekarang sudah egk sakit lagi tp benjolan nya egk ilang2 malah jadi mengeras.kira2 solusinya gimana yaa terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Kalau ingin cepat mengempis disarankan untuk lakukan insisi. Karena bintitan yang mengeras biasanya memerlukan waktu lama untuk mengempis jika dibiarkan. Kalaupun mengempis sendiri sewaktu waktu bintitan akan membesar lagi. Dan penyebab bintitan bisa membesar lagi biasanya dikarenakan alergi terhadap makanan atau minuman yang biasa dikonsumsi. Semoga cepat sembuh..

      Delete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. saya juga mengalami bintitan di bagian kelopak mata kanan , ini baru pertama kali , sebelum nya gak pernah , udah sebulan udah mulai kempes tapi kok gk ilang2 bekas benjolannya masih ada dikit , dan kadang2 terasa sakit kalau buat ngedipin mata , itu kenapa ya ? mohon informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Kalau dibagian dalam kelopak mata, umumnya seperti itu, biasanya kempisnya egk sempurna. Penyebab pastinya kurang tau. Sebaiknya dilakukan insisi aja kalau pengen cepet sembuh.

      Delete
  64. Kang mau tanya kalo bekas lebam item sesudah insisis nya kira" berapa lama ya ilang nya? Hehe klo buat bnjolan nya mah alhamdulillah udh kcilan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. Alhamdulillah, Lebih tepatnya kulit gelap kali yaah bukan item. Kalau itu siih sekitar 3 mingguan juga hilang.

      Delete
    2. Masnya kan sudah 3 tahun yg lalu insisi. Sekarang bagaimana? Sudah bener2 normal kembali tanpa benjolan sedikit pun? Pernah kambuh ga?

      Delete
  65. Saya mengalamin bintitan kurang lebih selama satu tahun,tapi bintitan nya sudah tidak membesar tetapi mata saya yang terkena bintitan seperti tidak memiliki lipatan kelopak mata. itu bagaimana ya cara menormalkan kembali mata saya #tolongDijawabYa

    ReplyDelete
  66. Ikut menyimak..sy jg mengalami hal yg sama..udh 3 minggu..sdh ke dokter, kompres air hangat, salep ,obat oral jg..tp blm kempes..

    ReplyDelete
  67. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  68. anak sy usia hmpir 3th bru insisi 2hri yg lalu. karena di kelopak mata kanan nya tiba2 bengkak besar smpe bola mata ketutup. mgkn bs dibilang ini bisul, karena bengkak nya yg cukup besar full di kelopak mata atas. 3hri lalu udah meletus sdirj, tp sisa2 nanah nya msih byk yg keluar. lubang letusannya di kelopak atas bagian luar dekat hidung.. yg ingin sy tanyakan apakah setelah di insisi msih mengeluarkan nanah??? (karena luka bekas insisi anak sy msih mengeluarkan nanah). lalu pengobatan pemulihan pasca insisi apa ya? gmn cara ganti perban jg? karena dokter mata di timika-papua ini seenaknya sdiri. dan kurang open jg no komunikatif. mohon infonya jika sahabat pernah mengalaminya jg y... *karena sbg ibu sy kasihan melihat anak sy yg masih kcil sprti itu

    ReplyDelete
  69. Mas mau tanya, untuk proses insisi di bius lokal nya dgn suntikan atau obat tetes mas.. terimakasih

    ReplyDelete
  70. Cara alaminya gimana sih? Slain dioperasi. Udh 5bulan blm sembuh2

    ReplyDelete
  71. Mau nanya saya terkena kalazion sudah hampir 1 thn dan belum mengempis juga, adakah yang tau cara mengobatinya? Agar kelopak mata saya normal kembali

    ReplyDelete
  72. Saya uda ngalamin mata bintit ber ulang2 dan prnh kempes karna obat tetes cendo floxa,,tapi kambuh lagi dan coba obt tetes tpi uda setahun blom kempes2 akhir nya nyerah dan lakuin insisi (opkecil) sudah jln 3hri stelah insisi tapi ngg sepenuh nya benjol nya ilang ,,itu wajar kah? Tlong bntu jawab? Trims

    ReplyDelete
  73. Q bertanya donk. Klo benjolin dimata itu tidak sakit atau pun nyeri gimana ngobatinya aph harua dioperasi bro

    ReplyDelete
  74. Aku udah bintitan setahun lebih di dalam gimana ya caranya selain operasi, aku takut, selain itu juga gak ada waktu soalnya kerjanya di pabrik

    ReplyDelete
  75. Di insisinya kan yang dibius boleh hanya bagian matanya yang di bedah saja. Itu rasanya skit gak kak? Aku kok takut soalnya bintitku keras udah 4 bulan an. Dianjurkan dokter untuk di insisi

    ReplyDelete
  76. Kak kalau make bawang putih caranya kayak gimana ya,?

    ReplyDelete
  77. Kak mau tanya ini aku bintitan gak sembuh" padahal udah hampir 2minggu ...dimata bagian kanan atas ..rasanya gatal ka pengen tak garuk" ...adakah solusinya ka?

    ReplyDelete
  78. Ada yg ngalamin bintitan dikelopak mata bawah?adik saya bintitan sperti itu sudah 3 bln,dulu sempat mengecil,skrg kambuh lg. Itu perlu di insisi jg ga? Soalnya keliatannya bengkak di kelopak mata bawah :(

    ReplyDelete
  79. Kalu anak umur 2 tahun apa bisa insisi
    Anak saya sekitar 6 bulan bintitnya g sembuh2 sudah kedokter dikasih antibiotik tapi g kempes

    ReplyDelete
  80. saya udh sekitar 2 bln , bekas bintitan tapi ga hilang hilang ? apa itu termaksuk penjelasan diatas ? jika iya ? saya harus apa ? saya udh prnh berobat sekali , dokter bilang ini gpp nnti beberapa hari kmdian kempes , tapi nyatanya tidak:"(

    ReplyDelete