Translate

Friday, June 9, 2017

Penyebab Mata Terkena Bintitan yang Susah Mengempis

Penyebab Mata Terkena Bintitan yang Susah MengempisMata merupakan organ penglihatan manusia yang paling sensitif bagi saya, ya sangat sensitif. Jika terkena asap kendaraan misalnya, mata kita akan menjadi merah, terkena debu mata kita menjadi merah, apalagi saat mengiris bawang mata kita akan menangis meneteskan air mata. Untuk itu kita harus selalu menjaga mata agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Penyakit mata yang sering terjadi pada manusia adalah bintitan, bahasa medisnya disebut Hordeolum. Meskipun penyakit ini terjadi pada kelopak mata, tapi Hordeolum sangat mengganggu penglihatan mata, dan mata kita merasa menjadi sangat sakit.

Hordeolum merupakan infeksi atau peradangan pada kelenjar kelopak mata bagian dalam maupun bagian luar yang disebabkan oleh bakteri, nama bakterinya adalah Staphylococcus Aureus, hal itu akan membuat kelopak mata kita memiliki benjolan kecil atau lebih besar. Berikut ini merupakan penyebab Hordeolum yang susah mengempis (biasa terjadi pada bagian dalam kelopak mata):

1.    Alergi
Kita bisa terkena bintitan karena biasa mengkonsumsi makanan yang membuat kita alergi. Tidak hanya makanan saja, minuman juga bisa menyebabkan terjadinya bintitan. Pada pengalaman saya, saya sering terkena bintitan pada bagian dalam kelopak mata, dan ternyata saya alergi terhadap air susu kemasan, karena saya sangat sering minum air susu. Setelah saya berhenti mengkonsumsi air susu kemasan, akhirnya saya tidak pernah merasakan bintitan lagi. Untuk itu, apabila sering terkena bintitan berulang kali, perhatikanlah pola makan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya.
2.    Softlens
Softlens juga bisa menyebabkan kelopak mata kita menjadi bintitan, untuk itu jagalah kebersihan softlens. Karena softlens yang kotor akan menimbulkan bakteri dan menyebabkan kelopak mata menjadi bintitan. Kemudian jangan terlalu lama menggunakan softlens.
3.    Makeup
Apabila sisa makeup tidak dibersihkan secara baik, maka kemungkinan akan terjadinya bintitan.
4.    Debu
Debu juga dapat menyebabkan mata menjadi bintitan. Jika terkena debu usahakan jangan menguceknya, bersihkan dengan air atau memakai obat tetes mata.

Itulah beberapa penyebab mata terkena bintitan yang susah mengempis. Tetap jaga kesehatan mata Anda, dan disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis mata.


Baca Juga:

No comments:

Post a Comment